INFORMASI :

== SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MELES, KECAMATAN ADIMULYO, KABUPATEN KEBUMEN == Pelayanan Publik Senin-Kamis Mulai Pukul 08.00 WIB s/d 15.30 WIB, Jum'at s/d 11.00 WIB ::: PROKES KETAT MASYARAKAT SEHAT ::: DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-77 :::SELAMAT HARI JADI KABUPATEN KEBUMEN YANG KE-393::: #Yuk Plesir Kebumen!!!:::

"OYEK" JAJANAN PASAR DARI KREKEL/RENDAMAN SINGKONG

"OYEK" JAJANAN PASAR DARI KREKEL/RENDAMAN SINGKONG

Salah satu jajanan pasar yang ada di Pasar Meles Cokolan ini adalah "oyek" dan termasuk jajanan favorit masyarakat Meles sebagai pengganti nasi

Oyek merupakan butiran-butiran seperti halnya beras tetapi ini terbuat dari singkong. Menurut penelitian, oyek juga termasuk bahan pangan fungsional yang ber-indeks glikemik (IG) rendah dan cocok sebagai pengganti nasi beras padi. Bagi Anda yang membutuhkan makanan pengganti nasi untuk mengurangi kadar gula darah, oyek ini sangat cocok untuk anda konsumsi.

Beras oyek ini masih mentah, tetapi sudah siap masak. Caranya, Beras oyek ini dicuci bersih terlebih dahulu, Setelah itu, rendam hingga +/- 5 menit. Waktu perendaman relatif, tergantung selera anda. Semakin lama beras oyek direndam, maka oyek akan semakin lunak nantinya. Tapi, bisa jadi lembek. Setelah direndam, tiriskan hingga kadar airnya berkurang. Lalu, kukuslah beras oyek tersebut dengan nyala api stabil hingga sekitar 20 menit atau dengan tanda nasi oyek sudah "kalis"/ tidak lengket pada centong/sendok. Setelah matang, maka nasi oyek pun siap santap..! Agar lebih nikmat, biasanya oyek dicampur aduk dengan parutan kelapa yang ditaburi sedikit garam. Parutan kelapa juga bisa dikukus dahulu sebelum dicampurkan dengan oyek.

Oyek mempunyai aroma khas sebagai efek dari proses perendaman singkong. Oyek  ini dijamin halal, bersih, dan bebas pengawet. Oyek ini lebih nikmat dimakan dengan lauk tumis teri cabe hijau dan tempe mendoan. Srlamat mencoba.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

KULINER Terkait

Arsip KULINER

Statistik Pengunjung