INFORMASI :

== SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MELES, KECAMATAN ADIMULYO, KABUPATEN KEBUMEN == Pelayanan Publik Senin-Kamis Mulai Pukul 08.00 WIB s/d 15.30 WIB, Jum'at s/d 11.00 WIB ::: PROKES KETAT MASYARAKAT SEHAT ::: DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-77 :::SELAMAT HARI JADI KABUPATEN KEBUMEN YANG KE-393::: #Yuk Plesir Kebumen!!!:::

PERINGATAN ISRO MI'ROJ NABI MUHAMMAD SAW & HAUL SYECH KALABENCA ke-6 dan masyayikh dan haul masal Ds. Meles

PERINGATAN ISRO MI'ROJ NABI MUHAMMAD SAW & HAUL SYECH KALABENCA ke-6 dan masyayikh dan haul masal Ds. Meles

Ahad Wage, 3 Marer 2024 bertempat di Masjid Baiturrokhim Desa Meles PHBI mengadakan kegiatan haul masal dan Peringatan Isro' Mikroj Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini diawali demgan bacaan tahlil untuk mengirim arwah leluhur Desa Meles yaitu Syeh Kalabenca dan para leluhur dari seluruh warga seDesa Meles. Tahlil ini dipimpin oleh imam Bapak kaum Samingan dan Bapak Kaum Syafrudin. Tahlil dimulai pada Pkl. 08.00 sampai Pkl.09.00 dan dilanjutkan dengan pengajian dalam rangka Isro' Mikroj Nabi Muhammad SAW dengan penceramah oleh Bp. Kyai Ahmad Baedowi dari Kec. Puring.
Dalam tauziahnya beliau menyampaikan tentang Kisah Zuneroh budak Abu Jahal. disiksa karena sering membaca tahlil sampai matanya buta. Karena keteguhan imannya. meskipun disiksa terus menerus sampai urat matanya tersambung lagi dan bisa melihat lagi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kekuatan iman dan taqwa seorang hamba Alloh meskipun mendapat godaan yang aangat berat.

Beliau juga menceritakan tentang kisah Isro' & Mikroj Nabi Muhammad SAW. 
Peristiwa Isra Miraj diceritakan langsung dalam Al-Qur'an surah Al Isra ayat 1. Allah SWT berfirman,

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ 

Artinya: "Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat."
Perjalanan tersebut berlangsung pada malam hari, dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Dalam sejumlah riwayat disebutkan, setelah dari Masjidil Aqsa, Rasulullah SAW dinaikkan ke langit hingga Sidratul Muntaha.

Arti Isra Miraj
Isra Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW yang terjadi pada malam hari, sebagaimana dijelaskan dalam Tafsir Al-Qur'an Kementerian Agama RI.
Para mufassir berhujjah dengan kata asra dalam bahasa Arab artinya perjalanan pada malam hari. Penyebutan lain dalam bentuk isim nakirah yang artinya "malam hari" adalah untuk menggambarkan bahwa kejadian Isra Miraj mengambil waktu malam yang singkat. Ini juga menjadi sandaran untuk menguatkan peristiwa tersebut benar-benar terjadi pada malam 

Sejarah Singkat Isra Miraj
Sejarah Isra Miraj bermula saat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa (Baitul Maqdis). Menurut hadits yang paling kuat yang diriwayatkan Imam Muslim dari Hamad ibn Salamah dari Tsabit, dari Anas RA, Rasulullah SAW mengendarai buraq--sejenis hewan berwarna putih yang tubuhnya lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari bagal--sampai tiba di Baitul Maqdis.
Sesampainya di Baitul Maqdis, Rasulullah SAW menambatkan buraq itu dan beliau masuk ke Masjidil Aqsa untuk mendirikan salat dua rakaat. Setelah keluar, Malaikat Jibril mendatangi Rasulullah SAW membawakan segelas arak dan segelas susu. Beliau SAW lantas memilih susu dan Jibril berkata, "Engkau telah memilih fitrah."
Setelah itu, Allah SWT menaikkan Rasulullah SAW bersama Malaikat Jibril ke langit pertama. Jibril pun meminta penjaga pintu langit agar membukakan pintunya.

Singkat cerita Rasulullah SAW kemudian menghadap Allah SWT dan memohon keringanan atas saran Nabi Musa AS. Allah SWT pun memberikan keringanan lima salat dan Rasulullah SAW terus mondar-mandir menemui Nabi Musa AS dan Allah SWT. Hingga akhirnya Allah SWT memberi keringanan dengan mewajibkan salat 5 waktu dalam sehari semalam.

Pengajian ini diakhiri dengan do'a penutup oleh Bp kyai.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip PENDIDIKAN DAN PERIBADATAN

Statistik Pengunjung