INFORMASI :

== SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MELES, KECAMATAN ADIMULYO, KABUPATEN KEBUMEN == Pelayanan Publik Senin-Kamis Mulai Pukul 08.00 WIB s/d 15.30 WIB, Jum'at s/d 11.00 WIB ::: PROKES KETAT MASYARAKAT SEHAT ::: DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-77 :::SELAMAT HARI JADI KABUPATEN KEBUMEN YANG KE-393::: #Yuk Plesir Kebumen!!!:::

MANASIK HAJI ANAK DIDIK KB PERTIWI TAHUN 2023

MANASIK HAJI ANAK DIDIK KB PERTIWI TAHUN 2023

Kegiatan Manasik Haji sendiri merupakan kegiatan dimana anak dikenalkan sekaligus praktek langsung dengan tata cara, rukun, dan wajib dalam pelaksanaan Ibadah Haji.

Terdapat ratusan anak yang terdiri dari beberapa lembaga PAUD Formal/Non Fornal diselurih Kecamatan Adimulyo. Termasuk di dalamnya peserra didik KB Pertiwi Desa Meles ikut andil di dalamnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh yayasan PAUD IT Al Amin Desa Sidomulyo Kecamatan Adimulyo ini sangat menarik dan berkesan pada anak usia dini. Mereka diajak seperti melakukan haji pada umumnya, baik dari segi pakaian ihrom yang dikenakan maupun tempat-tempat dimana rukun haji dilaksanakan. Kegiatan ini bersumber secara swadaya dari masing-masing peserta. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 31 Oktober 2023 di PAUD IT Al Amin Desa Sidomulyo. 

Adapun tata cara urutan kegiatan manasik haji adalah sbb. :

1.   Melaksanakan Ihram

Urutan manasik yang pertama adalah melaksanakan ihram, yaitu memakai pakaian ihram dan membaca niat ihram. Pakaian ihram untuk jamaah laki-laki adalah kain yang panjang dan tidak dijahit. Sedangkan untuk jamaah perempuan adalah pakaian yang yang menutup aurat.

2.   Melakukan Wukuf

Urutan yang ketiga saat melakukan persiapan manasik ibadah haji adalah simulasi wukuf di Padang Arafah. Wukuf merupakan salah satu tahapan ibadah haji, dimana para jamaah berkumpul bersama di padang Arafah untuk berdzikir dan berdo'a

3.   Simulasi Mabit di Muzdalifah dan Mina

Dalam pelatihan manasik ibadah haji, jamaah juga harus diberitahu mengenai kewajiban untuk menginap di Muzdalifah dan Mina. Tujuan dari menginap di Muzdalifah adalah mengumpulkan kerikil untuk melaksanakan lempar jumrah keesokan harinya.

Ketika berada di Mina jamaah bisa beristirahat dan di kawasan ini juga terdapat banyak sekali tenda jamaah haji. Bahkan kawasan mina ini juga dijuluki sebagai kota tenda, karena banyaknya tenda yang berdiri di sana.

4.   Melempar Jumrah Aqabah

Salah satu yang wajib dipelajari saat manasik haji adalah melempar jumrah Aqabah. Jamaah harus tahu bahwa ketika melempar jumrah batu kerikil tidak boleh dilempar semua secara bersamaan. Tetapi harus dilemparkan sebanyak 7 butir setiap kali melempar kali ke arah jumrah.

5.   Simulasi Thawaf Ifadhah

Thawaf adalah kegiatan mengitari Ka’bah sebanyak 7 kali dan disunnahkan sambil membaca bacaan talbiyah. Thawaf ifadhah merupakan salah satu hal yang wajib dilaksanakan oleh para jamaah haji. Jika tidak melaksanakan thawaf ini maka hajinya akan dianggap tidak sah.

6.   Simulasi Sa’i

Sa’i merupakan salah satu rentetan kegiatan dalam ibadah haji yaitu berlari-lari kecil antara Bukit Shafa dan Marwah. Alat peraga manasik haji bisa digunakan untuk simulasi yang satu ini. Supaya jamaah bisa tau kira-kira seberapa jauh jarak antara bukit Shafa dan Marwah.

7.   Tahallul atau Memotong Rambut

Tahapan manasik ibadah haji yang terakhir adalah tahallul akhir sebagai tanda selesainya seluruh rangkaian ibadah haji. Jamaah harus tahu bahwa setelah melaksanakan tahallul akhir atau memotong rambut ini, seluruh larangan ihram sudah tidak berlaku.

Dalam setiap pelatihan manasik ibadah haji, setidaknya 9 hal diatas harus diajarkan kepada para jamaah. Sehingga ketika sudah berada di tanah suci, para jamaah haji tidak kebingungan dan bisa beribadah dengan baik.

Kegiatan ini diakhiri dengan mendengarkan dongeng bersama, anak-anakpun antusias dan senang mendengarkan dongeng tersebut.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip PENDIDIKAN DAN PERIBADATAN

Statistik Pengunjung