INFORMASI :

== SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MELES, KECAMATAN ADIMULYO, KABUPATEN KEBUMEN == Pelayanan Publik Senin-Kamis Mulai Pukul 08.00 WIB s/d 15.30 WIB, Jum'at s/d 11.00 WIB ::: PROKES KETAT MASYARAKAT SEHAT ::: DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-77 :::SELAMAT HARI JADI KABUPATEN KEBUMEN YANG KE-393::: #Yuk Plesir Kebumen!!!:::

GEBYAR LITERASI GEOPARK KEBUMEN TH 2024

GEBYAR LITERASI GEOPARK KEBUMEN TH 2024

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen telah mengadakan kegiatan Gebyar Literasi Geopark Kebumen di Pendopo Kabumian pada Hari Kamis, 31 Januari 2024. Hadir pada kesempatan ini dari Forkompinda Kabupaten Kebumen, berbagai Dinas, para Camat seKabupaten Kebumen, Bunda Literasi Kabupaten, Bunda Literasi Kecamatan, Bunda Literasi Desa seKecamatan Adimulyo, berbagai tokoh/unsur dari pemangku literasi, dan para juara dalam Lomba penulis buku terbaik seKabupaten Kebumen. Hadir pula tokoh dari Perpustakaan Nasional Jakarta yaitu Bapak Agus Sutoyo. serta ibu Diah Nugraheni dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Profinsi Jawa Tengah.

Geopark Kebumen adalah suatu rumah bersama yang dibangun di atas pondasi warisan geologi bernilai internasional. Adapun syarat untuk suatu daerah bisa ditetapkan sebagai geopark adalah warisan geologi, biologi dan budaya harus dihargai, dirawat dan dikembangkan demi kesejahteraan bersama dan kelestarian alam seluruhnya.

Indonesia memiliki sejumlah geopark yang tersebar di beberapa daerah. Salah satu geopark yang berada di Pulau Jawa adalah Geopark Kebumen.

Geopark ini memiliki luas daratan 1.138,70 kilometer persegi dan lautan 21,98 kilometer persegi. Di dalam geopark tersebut, terdapat 22 kecamatan dengan 374 desa.

Geopark Kebumen memiliki tiga geo trailTrail berwarna hijau adalah trail ke arah Karangsambung, yang berbicara tentang The Mother of Java, sedangkan untuk warna kuning (ke arah barat) bercerita tentang earth and human live. Kemudian geo trail yang berwarna ungu dibagian selatan, kawasan tentang kehangatan wisata Kebumen (the warm of paradise). Kekayaan Geopark Kebumen meliputi :

☆ 41 Geosite (situs geologi)

☆ 8 Biosite (situs biologi/keragaman hayati)

☆ 12 cultural site (situs budaya)

Adapun peran dunia pendidikan dalam pengembangan Geopark Kebumen adalah :

1. Penyusunan bahan ajar berbasis potensi lokal (geologi, biologi, budaya) sesuai dengan tingkatan sekolah

2. Gerakan konservasi lingkungan (alam, sosial, budaya)

3. Pendidikan kebencanaan, study tour/outdoor class ke kawasan geopark.

Informasi tentang geopark Kebumen dapat kita kunjungi pada :

Website : geoparkkebumen.id

Instagram : Kebumen Geopark

Kantor Badan Pengelola : Jalan Merdeka No.4 Kebumen ( Barat Kantor Pos Kebumen) .

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian hadiah oleh Bapak Bupati Kebumen bagi para tokoh penggerak  Literasi di Literasi Award Tahun 2024 dalam berbagai nominasi. Termasuk Bunda Literasi Terbaik yaitu dari Bunda Literasi Kecamatan Adimulyo beliau Ibu Yuni Puji Lestari Budiono. Selamat dan sukses selalu untuk Bunda...

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter