INFORMASI :

== SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MELES, KECAMATAN ADIMULYO, KABUPATEN KEBUMEN == Pelayanan Publik Senin-Kamis Mulai Pukul 08.00 WIB s/d 15.30 WIB, Jum'at s/d 11.00 WIB ::: PROKES KETAT MASYARAKAT SEHAT ::: DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-77 :::SELAMAT HARI JADI KABUPATEN KEBUMEN YANG KE-393::: #Yuk Plesir Kebumen!!!:::

BANK SAMPAH SADAR ASRI DESA MELES

BANK SAMPAH SADAR ASRI DESA MELES

Setiap 1 bulan sekali Bank Sampah Sadar Asri Desa Meles membuka layanannya kepada masyarakat. Kegiatan dimulai Pkl.08.00-10.00 WIB yang berlokasi di Halaman KB Pertiwi Desa Meles. Ada sekitar 20 orang yang menjadi karyawan Bank Sampah, mereka berasal dari kader PKK maupun kader Posyandu yang ada di Desa Meles. Jumlah nasabah sampai saat ini sekitar 80 orang dari berbagai wilayah di Desa Meles.Bank Sampah Sadar Asri ini mulai beroperasi di Bulan September 2023 dengan pendamping Ibu Langgeng dari Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen.

Program Bank Sampah adalah suatu strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah ditingkat masyarakat, dengan menyamakan kedudukan sampah serupa dengan uang atau barang yang berharga yang dapat ditabung. Masyarakat dididik untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilai sehingga mereka mau memilah sampah.

Bank sampah juga dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya. Dengan pola ini maka warga selain menjadi disiplin dalam mengelola sampah juga mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan.

Adapun kegiatan dari Bank Sampah itu sendiri meliputi Dalam bank sampah terdapat petugas yang bekerja menimbang sampah, petugas yang mencatat berat sampah yang disetorkan anggota, pengelola tabungan yang mencatat hasil setoran, dan yang terakhir adalah petugas yang melakukan negosiasi terhadap pengepul sampah kemudian menerima uang dari pengepul.

Mudah-mudahan kegiatan Bank Sampah Sadar Asri Desa Meles semakin maju, jumlah nasabahnya semakin meningkat sehingga bisa menambah income keluarga dari sampah yang awalnya tidak bernilai menjadi bernilai. Aamiin

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip TP PKK

Statistik Pengunjung